Bangun Sinergi, Rakor Dilkumjakpol digelar Di Aula Kejari Batu

  • Whatsapp
Rapat Koordinasi Dilkumjakpol untuk bangun sinergi antar lembaga.
banner 468x60

Kota Batu, inspirator.co.id – Rapat Koordinasi Integrated Criminal Justice System (Sistem Peradilan Pidana Terpadu) dilakukan oleh 4 lembaga penegak hukum di Aula Kejaksaan Negeri Kota Batu. 4 lembaga itu tergabung dalam forum Pengadilan, Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan, Kepolisian  (Dilkumjakpol).

Disebutkan, tujuan rapat koordinasi Dilkumjakpol tersebut, bertujuan untuk membangun sinergi dan menyamakan persepsi dalam penegakan hukum oleh 4 lembaga tersebut. Selain itu, rapat tersebut akan dijadikan acuan pelaksanaan hukum yang berkeadilan. sehingga pelaksanaan penegakan hukum dapat dilakukan secara terpadu.

Muat Lebih

Dalam giat rakor ICJS tersebut, pemaparan diawali oleh Kepala Kejaksaan (Kajari) Negeri Batu, Dr Supriyanto berupa problematika, hambatan terkait dengan penanganan perkara di wilayah Batu.

“Saya sampaikan banyak terimakasih atas bantuan dan dukungan dalam proses penanganan perkara, dan juga menekankan untuk selalu menjaga Silaturahmi serta upaya saling mendukung dalam program WBK dan WBBM,” terang Kajari.

Selanjutnya paparan dari Kapolres Batu yang menjelaskan problematika dan solusi terkait dengan Tupoksi dan kewenangan penyidik dalam penanganan perkara di wilayah Hukum Kota Batu. Kemudian ada pemaparan dari Wakil Ketua PN Kelas 1 Malang, tentang problematika dan analisa yuridis terkait penanganan perkara khususnya perkara Narkotika, restoratif Justice, dan juga menyikapi permasalahan dalam sidang Online.

Rapat Koordinasi Dilkumjakpol digelar Di Aula Kejari Batu, Kamis, (22/4/21).

Selain itu, dalam rakor ini Kabid Pembinaan Lapas Kelas 1 malang juga turut menyampaikan bahwa,  sudah over Kapasity warga binaan yang sudah mencapai angka 3321, dan terbanyak warga binaan perkara Narkotika diangka 2293.

“Dan Lapas Kelas 1 Malang berusaha untuk menjaga supaya warga binaan tidak terpapar Covid dan penanganan warga binaan yang terpapar covid serta terkait masalah Justice Colaborator,” jelas Kabid Pembinaan Lapas kelas 1 Malang.

Seiring hal itu, pemaparan dari perwakilan LAPAS Perempuan Malang, yakni  penanganan over kapasity warga binaan dan problematika pelaksaan Sidang Online dalam Lapas Perempuan Malang serta Justice Colaborator.

Pemaparan yang sudah disampaikan masing- masing instansi tersebut, bertujuan untuk saling mendukung dalam penyelesaian penanganan perkara. Selain dikomunikasikan dengan baik, tetapi tetap mengedepankan Regulasi masing- masing instansi.

Sementara, giat rapat koordinasi Integrated Criminal Justice System (Sistem Peradilan Pidana Terpadu) antara Lembaga Penyidikan (Polri), Lembaga Penuntutan (Kejaksaan), Lembaga Persidangan (Pengadilan) dan Lembaga Pemasyarakatan berakhir sekitar jam 16.00 Wib.

Diketahui, hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Judi Prasetya,SH.MH. (Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kelas 1 Malang), DR.Supriyanto,SH.MH (Kajari Kota Batu), AKBP Catur C. Wibowo (Kapolres Kota Batu), Sigit Sudarmono (Kabid Pembinaan LAPAS Kelas 1 Malang), Sri Witayanti (Wakil dari LAPAS Perempuan Malang), AKP.Jeifson Sitorus (Kasat Reskrim Polres Kota Batu), AKP.Citra Indah (KasatLantas Polres Kota Batu), Bambang Eka Jaya (KasiPidum Kejari Kota Batu), Endro Rizky Erlazuardi,SH.MH (Kasipidsus Kejari Kota Batu), Edi Sutomo,SH.MH. (Kasi Intelijen Kejari Batu), dan Panitera Muda Pidana PN Kelas 1 Kota Malang. (bs). 

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *