CCTV Rekam Pelanggar Lalu Lintas, Tilang Elektronik Di Kota Batu Diterapkan Mulai 24 Maret

  • Whatsapp
Tilang Elektronik di Kota Batu segera diterapkan.
banner 468x60

Kota Batu, inspirator.co.id – Penerapan tilang elektronik akan dilakukan Satuan Polisi Lalu-Lintas (Satlantas) Polres Batu pada 24 Maret 2021. Kasat Lantas Polres Batu, AKP Mala Darlius Nanda Kurniawan menerangkan, tilang elektronik akan dilakukan melalui CCTV Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE).

Kasat Lantas Polres Batu, juga menjelaskan bahwa saat ini Polres Batu tengah mempersiapkan kebutuhan untuk menunjang program tersebut. Rencananya, e-TLE akan dipasang didua lokasi yakni perempatan BCA Batu dan perempatan Batos.

Muat Lebih

“Awal dua titik yang akan dipasang CCTV e-TLE. Sedangkan untuk titik lainnya akan dipasang secara bertahap,” ungkapnya, Senin (15/3/2021).

Secara rinci ia juga menjelaskan berjalannya sistem ketika ada pelanggaran lalu-lintas.  Darlius menjabarkan, e-TLE secara otomatis akan merekam pelanggar. Datanya dikoneksikan ke Electronic Registration and Identification (ERI).

“Karena elektronik, pelanggar tidak langsung ditilang, ada surat konfirmasi ke alamat sesuai kendaraan. Kan, data kendaraan bisa langsung diketahui. Proses sidang tetap berlangsung seperti biasa. Pun, proses dendanya. Untuk membayar denda tilang atau mengikuti sidang, mendatangi petugas ke pengadilan,” jelasnya.

Seiring hal itu, dia berpesan agar masyarakat tertib dan disiplin berkendara demi keselamatan bersama. Jika pelanggar tidak kooperatif, maka petugas bisa memblokir proses pengurusan surat kendaraan.

“Maksudnya, jika sewaktu-waktu pelanggar mengurus pajak kendaraan atau ganti STNK, petugas Samsat langsung memberitahu kalau dokumen tidak bisa diproses. Kan harus menyelesaikan sidang tersebut baru bisa mengurus pembayaran STNK atau pajak,” tandas dia.

Adanya sistem tilang elektronik ini juga mendapat dukungan dari Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu, Imam Suryono. Pihaknya pun bersedia memberikan bantuan, terlebih Dishub Kota Batu memiliki banyak CCTV yang terpasang dijalan.

“Kami mendukung supaya tertib berlalu-lintas untuk mencegah terjadinya kecelakaan di Kota Wisata Batu. Dishub siap bersinergi bersama Polres Batu dengan memanfaatkan CCTV yang kami miliki,” terang Imam Suryono. (im)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *