Diskominfo Kota Batu Gelar Festival TV Desa, Film Blantik Berhasil Jadi Juara Umum

  • Whatsapp
Film Blantik diproduksi KIM Sisir berhasil jadi juara umum di Festifal TV Desa, Rabu Malam (24/11/21).

Kota Batu, inspirator.co.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batu telah mengelar TV Desa Award untuk menghasilkan tayangan maupun program terbaik dari desa dan kelurahan yang ada di Kota Batu. Kepala Diskominfo Kota Batu Ony Andrianto menyampaikan tv desa merupakan program syiar desa atau kelurahan yang tumbuh dari Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang mengusung konsep media komunitas desa / kelurahan.

“Tv desa menjadi salah satu wujud dari kegiatan pemberdayaan pada kelompok informasi masyarakat yang ada di desa/ kelurahan yang ada di Kota Batu. Keberadaan Tv desa diharapkan mampu menjadi media alternative, selain media mainstrame yang  sudah ada dengan menyuguhkan berbagai konten yang positif tentang desa/ kelurahan,” terang Ony dalam sambutannya.

Muat Lebih

Festival tv desa, lanjut Ony, menjadi sebuah event yang menengahkan perkembangan dan pemberdayaan komunitas KIM yang berbasis di desa maupun kelurahan. Dinamika informasi yang bergulir dan berkembang mewujudkan visi dari Diskominfo Kota Batu.

“Dalam hal ini kami juga bekerjasama dengan jejaring kelompok informasi masyarakat yang tersebar di desa, dan kelurahan yang ada di Kota Batu untuk mewujudkan embrio tv desa. Kami ucapkan terima kasih banyak kepada semuanya yang telah mendukung dan membantu untuk mensukseskan acara ini,” tandasnya.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko saat memberikan sambutan.

Seiring hal tersebut, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko turut mengucapkan rasa bangganya. Ia pun memberikan apresiasi atas lomba yang digelar Diskominfo Kota Batu. Menurut Dewanti, dari Kota Batu akan bisa dilakukan penyiaran tentang segala kemajuan dari desa/ kelurahan yang ada di Kota Batu.

“Bukan oleh tv nasional. Tetapi dari tv desa sendiri, itu yang luar biasa. Jamanya sekarang sudah tidak perlu untuk harus memanggil orang Jakarta, kita langsung bisa di youtube, dan semua dari desa bisa kita lakukan itu,” ujar Dewanti dalam sambutannya, Rabu malam (24/11/21).

Ia menjabarkan, perlu dibuat konten yang punya nilai edukasi, nilai manfaat, dan nilai- nilai perkembangan. Disebutnya, tidak perlu satu hal yang istimewa, maupun yang mewah. tetapi bagaimana cara mengemas ke sebuah cerita tentang di desa.

“Yang kemudian  bisa divisualkan, bisa kemudian disiarkan. Yang akhirnya ini tergantung seni kreatifitas, inovasi, dan tidak lupa pembawa konten tersebut. Saya minta ini rutin tiap tahunnya. Dan saya minta tidak hanya menjual konten, tetapi bisa menjual produk produk yang ada di desa, sehingga bisa membawa pertumbuhan ekonomi di Kota Batu,” tuturnya.

Usai dilakukan launching TV Desa oleh Dewanti Rumpoko bersama Forkopimda Kota Batu, acara dilanjutkan dengan pembacaan nominasi lomba. Untuk nominasi presenter tv desa terbaik pertama diraih Miftah Jannah Giripurno tv, selanjutnya ada Anik Irmawati dari Sumbergondo tv, ketiga Wiryo dari Oro-Oro Ombo tv.

Kemudian, untuk kategori tv desa terproduktif dalam membuat konten berhasil diraih Oro-Oro Ombo tv sebanyak 75 konten. Kategori best suport tv desa terbaik berhasil diraih Pendem tv desa. Selanjutnya, nominasi tv desa terbaik berhasil diraih Pendem tv. Sedangkan untuk kategori program acara tv desa terbaik berhasil diraih Sumberejo tv dengan acara Soul Of Life.

Sebagai pamungkas, kategori film umum dimenangkan oleh sutradara Nanda Autia Pamuji dengan judul film ‘Blantik’ yang diproduksi KIM Sisir. Sedangkan untuk Kategori KIM dimenangkan oleh film berjudul ‘Sesrawungan’ dengan sutradara Wahyu Lutfia Intan Wulandari dari KIM Desa Bumiaji. Sedangkan untuk film terbaik kategori SMA/SMK berhasil diraih sutradara Rosa Ananda Syahputri asal SMKN 1 Blitar dengan judul’Dhanyangan’. Sementara untuk lomba stand tv terbaik diraih Sumberbrantas tv. (im)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *