DPRD Kota Batu Usulkan 21 Program Rancangan Peraturan Daerah

  • Whatsapp
Ketua Propemperda DPRD Kota Batu, Syaifudin.
banner 468x60

Kota Batu, inpirator.co.id РTerdapat 21program rancangan peraturan daerah (Prompemperda) 2021. Dari legislatif usulkan 10 Raperda  sedangkan dari eksekutif 11 Raperda yang diusalkan.

Ketua Propemperda DPRD Kota Batu, Syaifudin menerangkan total Prompemperda tahun 2021 yang diajukan ada 21 Prompemperda, jumlah Prompemperda untuk tahun depan memang lebih sedikit ketimbang tahun 2020, Karena memang setiap proses penyampaian Raperda hingga pengesahan butuh waktu yang lama.

Muat Lebih

“Ini masih dalam proses konsultasi ke Provinsi. Kemudian pada tanggal 20 November bakal dilakukan penetapan Propemperda 2021,” terangnya pada inspirator.co.id, Senin (16/11).

Untuk semua Raperda tersebut akan dibahas bersama unit kerja sepanjang tahun anggaran 2021, Jika ada yang mendesak dan dibutuhkan, Raperda yang belum terakomodir masih bisa dilakukan jika memang masih dibutuhkan.

“Proses paripurna di tingkat kota hanya butuh waktu satu bulan. Sedangkan di provinsi sendiri juga sama membutuhkan waktu satu bulan. Namun hal tersebut terbilang cukup lama,” ujarnya.

Tambahnya, 10 Raperda inisiatif DPRD meliputi : Raperda Penyelenggaraan Ketentraman,Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat, Raperda Fasilitasi Pencegahan dan Penaggulangan terhadap Penyalahgunaan Narkoba, Raperda Penyelenggaraan Ketenagakerjaan, dan Raperda Penyelenggaraan Ketenagakerjaan.

“Kemudian Raperda Penataan PKL, Raperda Sumber Mata Air, Raperda Tanah Makam, Raperda Perubahan atas Peraturan Daerah Kota Batu Nomor 2 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Penaggulangan Bencana, Raperda Retribusi KIR, Raperda Ruang Terbuka Hijau (RTH), serta Raperda Sistem online pajak daerah,” sebutnya.

Untuk Raperda usulan dari Eksekutif meliputi, Raperda Perubahan atas Peraturan Daerah Kota Batu Nomor 17 Tahun 2010 tentang Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan. Raperda Retribusi Penyediaan dan/atau Penyedotan Kakus, Raperda Retribusi Pelayanan Kesehatan, dan Raperda Perubahan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2018 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Batu Tahun 2017-2022,

Selanjutnya ada, Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020, Raperda Retribusi Penjualan Produksi Usaha Perikanan Daerah, Raperda Rencana Pembangunan Industri Kota, Raperda Perubahan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2021. Selain itu juga ada Raperda Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Tenaga Kerja, Raperda Anggaran dan Pendapatan Belanja Dearah Tahun 2022, dan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah.

“Kami tegaskan bahwa propemperda ini masih dalam draft dan masih dikonsultasikan ke Gubernur Jawa Timur, nantinya akan ada 3 sidang selama satu tahun,” pungkasnya. (Ba)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *