DPUPR Kota Batu Bangun Akses Utama Perencanaan Jalan Tembus Dari Toyomerto

  • Whatsapp
Tampak pekerja sedang melakukan pembangunan di lokasi tikungan tajam di Dusun Toyomerto.

Kota Batu, inspirator.co.id – Pemerataan pembangunan terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Batu di Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kota Batu. Proses peningkatan jalan yang tengah dikerjakan  saat ini berkelanjutan dengan program pembangunan jalan tembus dari Toyomerto ke Jalan Abdul Gani Atas yang direncanakan menyerap anggaran sebesar Rp 20 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu, Alfi Nurhidayat menjelaskan bahwa, saat ini tengah dilakukan pelebaran jalan dan pembangunan drainase dijalan utama yang ada di Dusun Toyomerto. Mengingat dilokasi terdapat tikungan yang cukup tajam, maka perlu dilakukan pelabaran dan dilandaikan ketinggianya.

Muat Lebih

“Jadi ini merupakan rencana strategis pemerintah daerah dan terdapat dua skema yakni pembangunan jalan utama di Dusun Toyomerto kemudian pembangunan jalan tembus yang melewati kawasan Perhutani. Jadi kita perbaiki dulu pintu masuk dan pintu keluarnya dulu. Baru tahun depan kita kerjakan jalan tembus yang masuk perhutani,” jelas Alfi, Selasa (14/9).

Ia juga mengungkapkan terkait rencana pembangunan yang masuk kawasan perhutani bahwa, saat ini pihaknya tengah menanggani segala kelengkapan untuk mensukseskan program tersebut. Selain itu, sudah ada dukungan dari semua pihak. Sementara terkait lahan perhutani yang dilewati, Pemkot Batu berencana akan mengganti rugi. Sedangkan total anggaran Jalan Tembus Toyomerto-Abdul Gani Atas sejumlah Rp 20 miliar untuk pembangunan jalan sepanjang 2. 1 km.

“Kalau ke pihak Kehutanan kita sedang on progress, alhamdulilah sudah mendapat dukungan banyak pihak, mudah mudahan tahun depan bisa terlaksana. Setidaknya pada sesion pertama ini pemerataan di Toyomerto bisa terjadi. Apalagi selama ini kendaraan besar tidak bisa masuk, apalagi alat berat,” beber Alfi.

pelebaran jalan dan pembangunan drainase tengah dilakukan di Dusun Toyomerto.

Ia menambahkan, daerah – daerah terpencil di Kota Batu harus dibuka aksesnya agar pembangunannya bisa terus berlangsung. Alfi mengatakan, seperti di Toyomerto bisa menggerakan perekonomian, termasuk membuka potensi wisata. Selain itu, akses jalan sangat penting untuk menunjang mobilitas warga.

“Toyomerto potensinya sangat bagus, selain dikenal dengan susu sapinya, disitu view pemandangannya sangat bagus. Apalagi disitu juga ada pos pendakian Gunung Panderman,” tandas Alfi.

Untuk diketahui, proses pembangunan di Dusun Toyomerto tersebut menyerap anggaran sebesar Rp 4,2 miliar yang bersumber dari APBD, dan dikerjakan oleh CV Dwi Putra Mandiri asal Kabupaten Malang.

Sementara itu, terkait rencana jalan tembus itu, Kepala Desa Pesanggrahan, Imam Wahyudi mengatakan, proyek jalan tembus telah dibahas jauh-jauh hari. Namun dirinya belum mengetahui secara pasti terkait rute yang dipilih. Mengingat, sebelumnya ada dua rute yang menjadi pilihan.

“Nanti akan ada informasi dari pemerintah. Saya juga menunggu informasi itu. Mana-mana nanti jalan tembusnya, saya kurang tahu. Yang jelas, lokasinya Toyomerto sampai Jalibar,” pungkasnya.  (im)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *