Festival Susu Sapi Dusun Brau 2021 Menjadi Daya Tarik Desa Wisata Kota Batu

  • Whatsapp
Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso membuka Festival Susu Sapi Dusun Brau 2021, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Selasa (30/11).

Kota Batu, inspirator.co.id – Dipenghujung bulan November 2021 Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji mengelar Festival Susu Sapi Brau. Dalam gelaran festival ini juga turut dipamerkan berbagai jenis olahan yang berbahan susu khas Dusun Brau. Secara langsung pembukaan festival dilakukan oleh Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso.

Dalam kesempatan ini Punjul santoso memberikan apresiasi kepada warga Dusun Brau yang telah berupaya untuk menjadi desa berdaya. Sebelumnya, Dusun Brau merupakan dusun yang terpencil. Namun saat ini dusun Brau telah dikenal dengan daerah produksi susu dengan kualitas yang baik. Terlebih di Brau memiliki banyak destinasi yang cukup menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Muat Lebih

“Di Dusun Brau susu sapi tidak hanya diminum, tapi juga diolah menjadi berbagai olahan yang juga dikirim ke berbagai daerah. Dusun Brau adalah tempat yang luar biasa, bahkan jumlah sapi perah lebih banyak dari penduduknya,” Ujar Punjul, Selasa (30/11/21).

Ia juga mengungkapkan, setahun lalu Dusun Brau telah dilaunching menjadi Wisata Edukasi Susu Sapi Perah Brau. Dinas Pariwisata bersama warga telah menyulap Dusun Brau menjadi tempat wisata dengan memiliki banyak ikon wisata yang bagus. Ia berpesan, agar warga senantiasa menjaga kebersihan kandang dan cocok untuk wisata.

“Saya minta kotoran sapi bisa diolah menjadi biogas agar bisa bermanfaat. Selain itu saya minta bapak ibu untuk membiasakan anak-anaknya untuk minum susu untuk pencegahan stunting. Saya harap susunya tidak hanya untuk dijual saja, namun juga diberikan pada anak- anaknya,” tutur Punjul.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso saat melakukan pemotongan tumpeng.

Seiring hal itu, dengan potensi yang dimiliki Dusun Brau Punjul kembali berpesan agar ada sinergisitas warga dengan semua pihak terkait, guna meningkatkan kemajuan Desa Wisata. Terlebih di Desa Brau sudah memiliki Kandang Komunal.

“Saya harap kedepan ada peningkatan peningkatan untuk menjadikan Dusun Brau menjadi Desa Wisata yang maju, dan diminati banyak wisatawan,” tandasnya.

Untuk diketahui, Dusun Brau selain memproduksi susu segar juga memiliki produk olahan seperti susu pasteurisasi, yogurt, ice cream, stik susu, permen susu hingga berbagai sajian makanan lainnya. Dalam acara ini juga tampak dihadiri langsung oleh Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda, Wibi Asri, dan Kepala Dinas Pariwisata, Arief as Sidiq. (im)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *