Hari Ini Pemusnahan Barang Bukti Tindak Pidana Umum Dilakukan Kejaksaan Negeri Batu

  • Whatsapp
Pemusnahan Barang Bukti dilakukan dengan dipukul palu hingga hancur, Rabu (24/11/21).

Kota Batu, inspirator.co.id – Pemusnahan Barang Bukti Tindak Pidana Umum telah dilakukan di halaman parkir Kantor Kejaksaan Negeri Batu, Rabu (24/11/21). Diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri Batu, Dr. Supriyanto, SH.MH, bahwa pemusnahan yang dilakukan sudah berkekuatan hukum tetap (Inkracht van gewijsde).

“Pemusnahan Barang Bukti adalah perintah dari Putusan pengadilan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap, dan Jaksa sebagai eksekutor wajib melaksanakannya sesuai ketentuan yang berlaku,” ungkap Dr Supriyanto, Rabu (24/11).

Muat Lebih

Pada kesempatan ini, Dr Supriyanto mengatakan dengan pemusnahan barang bukti juga diharapkan dapat mengurangi tindak pidana di Kota Batu, terutama perkara tindak pidana penyalahgunaan narkotika yang semakin memprihatinkan.

“Barang Bukti Nakotika Jenis Sabu dan Ganja dimusnahkan dengan cara dicampur dengan air kemudian diblender. Kemudian Barang Bukti minuman keras dimusnahkan dengan cara dituang di saluran air. Selanjutnya, Barang Bukti jenis Handphone dimusnahkan dengan cara dipukul menggunakan Palu sampai hancur. Selain itu, Barang Bukti jenis Pil dan Barang bukti lainnya dimusnahkan dengan cara dibakar,” urainya.

Pemusnahan Barang Bukti juga dilakukan dengan cara dibakar.

Dr Supriyanto merinci, barang bukti yang dimusnahkan berasal dari 60 perkara Nakotika dan 18 perkara Tindak Pidana Umum diantaranya, 104 pocket Shabu (105,53 gram), 18 pocket Ganja (16,67 gram), 1 paket Extacy, 58 butir Pil Inex, 1000 butir Pil Y, dan 11108 butir Pil Double L, serta ada 58 butir Pil Happy Five (H5).

“Kemudian ada 6 botol Minuman Keras, 71 buah Handphone, 5 buah masker, 10 buah alat rapid test, 1 stel pakaian yang kami musnahkan bersama para tamu undangan yang hadir pada kegiatan ini. Selanjutnya kami juga melakukan penandatanganan berita acara pemusnahan barang bukti,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, diantaranya Imron Rosyadi. SH mewakili Ketua Pengadilan Negeri Malang, Dr. Hj. Agus Surya Dewi, M.Pd Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Batu, Arik Dwi Utami mewakili Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Batu, Dr. Icang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, dan Slamet H. Mewakili Kepala Satuan Narkoba Polres Batu. (im)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *