Kades Pagarbatu Gelontorkan BLT DD Untuk Penangganan Dampak Covid-19

  • Whatsapp
Cair : Penyaluran Bantuan Langsung Tunai DD di Desa Pagarbatu, Sumenep, berlangsung lancar.

Sumenep, inspirator.co.id – Pemerintah Desa Pagarbatu telah mencairkan bantuan kepada warganya  dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai dari dana desa atau disebut BLT DD. Bantuan itu, difokuskan  untuk membantu masyarakat tidak mampu yang terdampak Virus Covid 19 pada Selasa (19/5/2020).

Dijelaskan oleh Kepala Desa Pagarbatu, Imam Daud bahwa, sesuai dengan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020, tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Dalam Perpu Nomor 1 Tahun 2020, ditegaskan untuk pengutamaan penggunaan dana desa adalah dapat digunakan antara lain untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada penduduk miskin di desa dan kegiatan penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (covid-19).

Muat Lebih

“ Alhamdulillah, Pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT DD)  Kami sudah di cairkan dan berlangsung hikmad dimana program ini untuk membantu kepada warga yang belum pernah menerima bantuan sama sekali dari program pemerintah apalagi saat ini masyarakat Desa Pagarbatu terkena dampak pandemi covid-19,” jelas kepala desa yang akrab disapa Dadang ini pada inspirator.co.id

Lanjut dia, bantuan BLT DD ini  sebanyak 45 orang, namun yang terealisasi ke warga hanya 43 orang.  Karena dua diantara mereka sudah menerima BST yang dari pemerintah. Seiring hal itu, ia langsung memberitahukan pada pihak kecamatan dan DPMD untuk segera diberikan kepada warga yang belum menerimanya.

“Bahkan juga ada yang kemarin tidak menerima BST atas nama bapak Zaini masuk daftar penerima BLT DD tergolong yang 43 orang. Dalam Penyalurannya, dilakukan secara bertahap. Adapun besaran BLT DD tersebut sebesar Rp 600 ribu perbulan selama tiga bulan, bisa diberikan secara tunai .” bebernya.

Ia menambahkan, sebelumnya kriteria penerima BLT dana desa sebanyak 45 dengan ketentuan penerima belum mendapatkan bantuan sosial (bansos) apapun dari pemerintah dan telah kehilangan penghasilan akibat dari Covid-19.

“Harapannya, saya berharap kepada para penerima bantuan bisa bermanfaat sesuai dengan kebutuhan sehari-hari nya dan juga kepada masyarakat Pagarbatu, apabila masih ada warga yang belum tersentuh oleh bantuan apapun dari pemerintah, kami siap melayani dan membantu masyarakat desa Pagarbatu agar kedepannya desa ini damai dan makmur serta terlepas dari wabah pandemi covid-19 ini,” tutupnya.  (read-One)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *