Kota Batu Diyakini Lebih Aman Karena Ada Tambahan 8 Kamera ETLE

  • Whatsapp
Kapolres Kota Batu, AKBP I Nyoman Yogi Hermawan menilai pentingnya tambahan kamera ETLE.

Kota Batu, inspirator.co.id – Tambahan kamera ETLE  (Electronic Traffic Law Enforcement) di Kota Wisata dinilai Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko, memiliki banyak manfaat dari segi keamaan, dan berdampak positif pada masyarakat. Sehingga, Pemkot Batu ditahun ini akan memberikan hibah kamera ETLE pada Polres Batu.

“Mengingat Kita merupakan Kota Wisata, ketika kamera ETLE ada disemua tempat, keamanan pasti akan terjamin. Jadi bukan hanya untuk keamanan berlalu lintas saja, tapi keamanan dari kejahatan lain pasti akan terdeteksi disitu,” jelas wali kota yang akrab disapa Bude.

Muat Lebih

Selain itu, Bude menambahkan, untuk tambahan fasilitas kamera ETLE nantinya akan dipasang di 8 titik. Sedangkan secara teknis lokasi penempatan titik- titiknya akan dilakukan oleh pihak Dishub dan pihak Polres Batu.

“Insallah ditahun ini sudah bisa dieksekusi,” tandas Bude.

Dijabarkan oleh Kapolres Batu, AKBP  I Nyoman Yogi Hermawan, untuk saat ini ETLE di Kota Batu masih ada satu unit, dan kedepannya akan dikembangkan fungsinya. Sementara ini hanya bisa merekam data pelanggaran stop line, pelanggaran marka yang berada didepan traffic light, dan pelanggaran traffic light.

“Kemudian pelanggaran tidak mengunakan helm, melawan arus juga bisa ditindak oleh kamera ETLE yang saat ini masih ada satu tersebut. Namun demikian, diharapkan penambahan kamera ETLE yang dipasang di 8 titik yang baru, akan memiliki fungsi mengidentifikasi pelanggaran lebih lengkap lagi,” kata Yogi.

Secara rinci ia mencontohkan, seperti pelanggaran tidak mengunakan sabuk pengaman, kemudian pelanggaran mengunakan handphone pada saat mengemudi bisa teridentifikasi oleh kamera ETLE. Selain itu, kejahatan- kejahatan lainnya juga bisa teridentifikasi oleh kamera ETLE.

“Selanjutnya kamera ETLE ini akan ditingkatkan fungsinya sehingga bermanfaat. Kedua, misalnya mampu memantau volume arus lalu lintas diruas jalan tersebut yang ada kamera ETLE nya. Sehingga arus lalu lintas bisa dihitung secara tepat, dan akurat,” ujar Kapolres Batu.

Ia menambahkan, kelebihan kamera ETLE nantinya bisa membantu penyelidikan tindak pidana atau kejahatan. Selain itu kamera ETLE akan merekam selama 24 jam (full time) setiap pergerakan yang melewati kamera tersebut. Sedangkan untuk saat ini, kamera ETLE hanya bisa meng capture (menangkap) dari belakang.

“Mudah- mudahan kedepannya kamera ETLE ini bisa meng capture dari belakang maupun depan. Khususnya bagi kendaraan roda 4. Sehingga wajah- wajah pelanggar bisa teridentifikasi. Kami mengucapkan terima kasih banyak, dan penghormatan yang luar biasa kepada Pemerintah Kota Batu atas bantuannya,” tutup Kapolres Batu. (im)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *