Kota Batu Peduli Penyandang Disabilitas, Insentif 1,05 Miliar Dikucurkan Serta Ada Program Ramah Disabilitas

  • Whatsapp
Kepala Dinas Sosial Kota Batu, Ririck Mashuri menyalurkan insentif bagi disabilitas yang tidak mampu.

Kota Batu, inspirator.co.id – Pemerintah Kota Batu terus berupaya menunjukan kepedulian terhadap penyandang disabilitas. Oleh karena itu program pemberian insentif yang sudah dimulai sejak tahun 2014 lalu, sampai saat ini terus berjalan tiap tahunnya.

Diungkapkan oleh Kepala Dinas Sosial Kota Batu, Ririck Mashuri bahwa, di tahun 2020  sebanyak 175 warga penyandang disabilitas yang kurang mampu di Kota Batu diberikan insentif sebesar Rp. 1,05 miliar.

Muat Lebih

“Hal ini merupakan sebagai bentuk wujud kepedulian dan upaya melayani penyandang disabilitas dari Pemkot Batu melalui Dinsos. Insentifnya diberikan sebanyak Rp. 500 ribu per bulan. Tahun depan akan ada peningkatan penerima menjadi sekitar 200 warga,” terang Ririck Mashuri.

Selain pemberian insentif, lanjut Ririck, bahwa setiap tahunnya penyandang disabilitas mendapatkan pelatihan membatik. Hanya saja pada tahun ini gagal dilakukan karena dana direalokasikan dalam penanganan covid-19. Ririck menyebutkan, Dinsos pernah memberikan program pelatihan computer, namun peminatnya kurang.

“Untuk tahun depan mungkin akan ada seminar motivasi bagi penyandang disabilitas. Dinsos akan terus berupaya melakukan pendampingan dan pelayanan kepada penyandang disabilitas di Kota Batu. Sementara untuk program lainnya masih kami pikirkan,” jelasnya.

Sementara, Kepala DPUPR Kota Batu Alfi Nur Hidayat menerangkan bahwa pihaknya juga telah memiliki program pembangunan guilding block yang akan ditempatkan di beberapa jalur pedestrian Kota Batu. Nanti, dengan adanya pemberian guilding block ini, maka penyandang disabilitas di Kota Batu tidak ragu untuk berjalan-jalan di jalur pedestrian.

“Karena selama ini masih 30 persen diantaranya di kawasan Jalan Gajahmada, Jalan Sultan Agung, Jalan Bromo, dan ruas-ruas jalan protokoler lainnya. Kami akan mengucurkan anggaran sebesar Rp. 6 miliar untuk program yang akan dijalankan di tahun 2021 nanti yakni, Rp. 4 miliar untuk pembangunan guilding block baru, dan Rp. 2 miliar untuk perawatan,” ungkap Alfi. (im)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *