Memiliki Sejarah Diterjang Angin Puting Beliung, Kawasan Desa Sumber Brantas Ditanami Pohon Cemara

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pertanian Kota Batu, Sugeng Pramono saat melakukan tanam pohon cemara.
banner 468x60

Kota Batu, inspirator.co.id – Kawasan Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, yang rawan terjadi bencana angin puting beliung, tahun ini telah ditanami pohon cemara oleh Dinas Pertanian Kota Batu. Penanaman 1200 pohon cemara dengan rincian 600 bibit pohon cemara angin, dan 600 pohon cemara jenis pecut.

Tujuan penanaman pohon di kawasan Desa Sumber Brantas tersebut juga untuk pencegahan erosi. Mengingat, Desa Sumber Brantas pada Oktober 2019 lalu sempat terjadi bencana puting beliung yang membuat warga sekitar harus dievakuasi ke tempat pengungsian.

Muat Lebih

kepala Dinas Pertanian Kota Batu, Sugeng Pramono, juga mengungkapkan pihaknya melakukan kunjungan ke Desa Sumber Brantas untuk penanaman pohon cemara sebagai langkah preventif bencana angin puting beliung.

“Kami tidak ingin kecolongan lagi saat bencana angin puting beliung yang melanda Desa Sumberbrantas pada Oktober 2019 yang lalu. kami melakukan langkah preventif berupa penanaman pohon cemara di desa tersebut,” jelas Sugeng saat di ruang kerjanya, Jum’at (27/11)

600 pohon cemara kipas dan 600 pohon cemara jenis pecut ditanam di Desa Sumber Brantas.

Ia juga mengungkapkan, penanaman 1200 pohon cemara tersebut merupakan program dari Pemerintah Kota Batu, yang penyalurannya melalui Dinas Pertanian. Sugeng mengatakan, bantuan dari Pemerintah Kota Batu itu disalurkan dengan tujuan untuk pencegahan erosi, dan sebagai tindakan preventif terhadap bencana angin puting beliung.

“Mengapa yang dipilih untuk ditanam adalah pohon cemara ? Ini dikarenakan penanaman Pohon Cemara dapat memecah laju angin yang kencang dan  ini merupakan upaya konservatif lingkungan pertanian Desa Sumberbrantas,” bebernya.

Sementara, dalam kegiatan penanaman pohon turut dihadiri 130 undangan yang berasal dari petani Desa Sumberbrantas, serta anggota Gapoktan Sumber Jaya (Desa Sumberbrantas), dan jajaran perangkat Pemerintah Desa Sumberbrantas. Selain itu juga dihadiri jajaran Muspika Kecamatan Bumiaji. (Ba) 

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *