Mengenang Perjuangan AP III Katjoeng Permadi dalam HUT Korps Brimob Polri ke 74, Satbrimob Polda Jatim Gelar Napak Tilas 68 KM

  • Whatsapp
Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama S.I.K M.I.K saat membacakan pidato perjuangan AP III Katjoeng Permadi usai penampilan drama teatherikal tragedi Status Quo oleh Pelajar SMAI NU Pujon. Rabu(6/11)

Kabupaten Malang, inspirator.co.id – Untuk menyambut HUT Korps Brimob Polri Ke 74 tahun 2019, Satbrimob Polda Jatim menggelar apel penerimaan napak tilas perjuangan Agen Polisi (AP) III Katjoeng Permadi yang diawali mulai tanggal 3 sampai hari ini tanggal 6 November 2019.

Kepala Satbrimob Polda Jatim, Kombes. Pol. I Ketut Gede Wijatmika mengatakan bahwa dalam kegiatan ini, total ada 210 anggota Brimob dan beberapa anggota TNI lainnya. Mereka melakukan longmarch sepanjang 68 kilometer dengan melewati beberapa lokasi perjuangan. Detail lokasi perjuangan tepatnya dimulai dari Kabupaten Jombang, Desa Kemiri, terus melintasi Kabupaten Malang, Kecamatan Ngantang, kemudian berakhir di  Monumen Perjuangan Status Quo yang berada disamping Kantor Kecamatan Pujon,  Desa Pandesari, Kabupaten Malang.

Muat Lebih

“Dalam longmarch juga diisi dengan beberapa kegiatan lainnya. Diantaranya yakni santunan anak yatim serta bantuan untuk fakir miskin di tempat yang berdekatan dengan lokasi napak tilas. Selain itu, juga ada pengarahan kepada masyarakat untuk selalu menjaga stabilitas keamanan di wilayah masing masing,”ujar I Ketut Gede Wijatmika kepada inspirator.co.id.

Kombes Pol I Ketut juga menjelaskan, kegiatan ini baru pertama kali digelar, namun dalam pelaksanaannya bisa mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat sekitar. Menurutnya, ide ini muncul usai membaca buku perjuangan AP III Katjoeng Permadi yang diterbitkan oleh Mantan Kapolres Batu sebelumnya yakni AKBP Budi Hermanto S.I.K M.Si.

Dari situ, ia tertarik untuk menggaungkan salah satu pahlawan dari kepolisian tersebut karena melihat semangat dan perjuangan terdahulu yang luar biasa mempertahankan kemerdekaan.

“Maka dari itu, lewat kegiatan napak tilas dan upacara ini diharapkan khususnya untuk anggota Brimob dan TNI/Polri supaya bisa meneladani perjuangan pendahulu sebelumnya dalam hal memperjuangkan serta menjaga kemerdekaan negara Indonesia, “jelasnya.

Mereka yang terlibat prosesi napak tilas mengabadikan moment dengan foto bersama

Ia juga menjelaskan, salah satu pahlawan dari Polri yakni AP III Katjoeng Permadi, beliau merupakan seorang agen polisi dan juga pengantin baru yang rela berjuang untuk negara dan bangsa dengan mengorbankan seluruh jiwa raganya saat tragedi peperangan melawan penjajah dalam agresi militer ke 2.

Pada saat itu, disana ia bersama para pejuang dari kepolisian dan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) saling tembak menembak dan tidak gentar dalam melawan penjajah. Dari situlah, perjuangan mereka patut dihargai dan kita sebagai penerus bangsa harus siap meneruskan perjuangan pendahulu dalam menjaga kemerdekaan di negara Indonesia ini.

“Dari situ menunjukkan sinergitas antara kepolisian dengan TNI demi menjaga NKRI sudah terbangun sejak lama dan wajib ditingkatkan serta diteladani. Selain itu, yang terpenting adalah supaya bisa meneladani kebersamaan kepolisian dan TNI demi keutuhan NKRI. Karena kuatnya suatu negara tercermin dari kuatnya kedua instansi ini,”tutupnya. (Zal)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *