Operasi Patuh Semeru 2019 Dimulai, Polres Batu Kerahkan 40 Personil untuk Tindak Pelanggar.

  • Whatsapp
banner 468x60

Batu, Inspirator.co.id-Operasi Patuh Semeru 2019 kini sudah mulai digelar serentak hari ini sampai dua minggu. Yakni sejak 29 Agustus – 11 September 2019. Sebanyak 40 personel dari Polres Batu pun disiagakan untuk menindak setiap pelanggaran. Waka Polres Batu, Kompol Zein Mawardi mengatakan dalam operasi ini ada delapan pelanggaran yang menjadi prioritas untuk ditindak. Delapan pelanggaran itu yakni, pengendara motor yang tidak menggunakan helm standart, mengendarai kendaraan roda empat dengan tidak memakai safety belt, berkendara melebihi batas kecepatan.

“Selain itu, mengendarai kendaraan di bawah pengaruh narkoba atau miras, tindakan pada pengendara di bawah umur, dilarang menggunakan handphone saat berkendara. Kemudian penindakan pengendara yang melawan arus, dan gunakan lampu rotator atau strobo,”Ujarnya kepada Awakmedia.

Muat Lebih

Ia juga menjelaskan, delapan prioritas tersebut memang sering kali menimbulkan Lakalantas. Oleh karena itu, adanya Operasi Patuh Semeru ini diharapkan dapat mengurangi korban laka lantas.

“Kalau kami bandingkan di tahun 2018 semester ke dua dengan tahun 2019 semester pertama mengalami kenaikan laka lantas sekitar 22 persen. Nah, adanya peningkatan itu berawal dari pelanggaran lalu lintas,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga memaparkan di tahun 2018 semester ke dua ada sejumlah 117 laka lantas. Sedangkan di tahun 2019 semester pertama ada peningkatan sejumlah 143 laka lantas. Untuk jumlah korban meninggal dunia (MD) sekitar tahun 2018 semester dua ada 17 orang.

“Sedangkan di tahun 2019 semester satu ada 14 orang. Dengan pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2019 dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkendara. Serta meminimalisir terjadinya pelanggaran berlalu lintas. Kami juga mengimbau bagi setiap pengendara agar tertib berlalu lintas, mematuhi rambu-rambu, dan paling utama selalu mengedepankan keselamatan,” tutupnya.(Zal)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *