Pengawasan Lingkungan Dilakukan Pemkot Batu Dengan Aplikasi Awas E

  • Whatsapp
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, Aries Setiawan saat memaparkan Pengawan Lingkungan, Senin (15/11/21).

inspirator.co.id – Pemkot Batu melalui Dinas Lingkungan Hidup di Kota Batu telah meluncurkan aplikasi Awas E untuk mempermudah melakukan pengawasan lingkungan. Dari aplikasi ini, masyarakat bisa melakukan pengaduan dengan mudah, dan diharapkan bisa meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pengawasan lingkungan.

Disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, Aries Setiawan, peluncuran aplikasi Awas e diresmikan langsung oleh Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, Senin (15/11/2021). Pengawasan Lingkungan yang dilakukan masyarakat bisa dilaporkan langsung melalui aplikasi Awas E jika mengetahui adanya perusakan.

Muat Lebih

“Aplikasi Awas E merupakan bagian dari program Shining Brantas yang ditujukan untuk masyarakat Kota Batu, agar lebih mudah dalam melakukan pengaduan. Serta untuk menjaga kelestarian lingkungan Kota Batu,” jelas, Aries Setiawan.

Ia memaparkan, dalam pengaduan pencemaran lingkungan nanti masyarakat bisa mengisi form yang terdapat di aplikasi tersebut. Selain itu juga bisa melayani masyarakat apabila ingin mengadukan pencemaran lingkungan di sekitarnya.

“Baik yang dilakukan individu maupun perusahaan. Setelah form aduan masuk tim Awas E akan langsung menindaklanjuti ke lapangan untuk dilakukan penanganan. Tidak hanya aduan, aplikasi ini juga terdapat fitur aduan kerusakan lingkungan dan regulasi di bidang lingkungan hidup,” paparnya.

Nantinya, lanjut dia, masyarakat bisa mengetahui regulasi-regulasi yang ada, dan dapat mengakses aplikasi tersebut tanpa batas melalui gawai masing-masing. Dengan Aplikasi Awas E pihaknya berharap ada masukan dari masyarakat dengan cara yang lebih mudah dan sederhana.

“Sehingga tidak diperlukan lagi aduan menggunakan surat. Juga untuk penanganannya jauh lebih cepat karena begitu aduannya masuk ke aplikasi, tim pengawasan akan langsung mengecek di lapangan untuk mengidentifikasi,” ujarnya.

Aplikasi Awas E diluncurkan Pemkot Batu untuk Pengawasan Lingkungan.

Sementara, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan Awas E merupakan salah satu bagian dari program Shining Brantas yang didalamnya terdapat transformasi digital. Sementara bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan aplikasi tersebut untuk pengaduan bisa dihttp://awase.dlh.batukota.go.id.

“Harapan kami aplikasi Awas E bisa untuk mengajak partisipasi masyarakat untuk ikut mengawasi dan mengadukan bila ada kerusakan atau perusakan lingkungan di Kota Batu. Sehingga DLH bisa cepat melakukan penanganan,” ujar Dewanti usai meluncurkan aplikasi.

Dengan aplikasi tersebut, ia mengajak masyarakat turut berperan serta dalam pengawasan, dan melaporkan kerusakan lingkungan. Adanya kemudahan dalam layanan aplikasi Awas E, Dewanti berharap masyarakat lebih peduli ikut memelihara lingkungan di Kota Batu.

“Misal ada orang menebang pohon sembarangan, bisa dilaporkan langsung melalui AWas E. Selanjutnya akan ditindak lanjuti oleh DLH. Sedangkan untuk sanksi akan ditindak lanjuti oleh DLH sesuai dengan aturan yang berlaku,” pungkasnya. (im)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *