Puncak Acara HUT Ke 18, Perumdam Kota Batu Bagikan 5 Kulkas Bagi Pelanggan Teladan

  • Whatsapp
Kulkas telah dibagikan pada Titi Sunarti , jl trunojo IV Songgokerto, Dewi Patimah, jl. Wukir temas, Suliadi, jl kenanga 162 oro oro Ombo, kariman, jl Oro Oro Ombo, Palal, jl Darsono, Ngaglik, Jumat (30/4/21).
banner 468x60

Kota Batu, inspirator.co.id – Dipuncak peringatan hari jadi Perumdam Among Tirto Kota Batu, telah membagikan door price (hadiah) berupa 5 unit kulkas untuk Pelanggan Teladan. Door price tersebut diberikan kepada mereka yang sudah lolos tahapan seleksi, dan survey, hingga proses pengundian yang dilakukan panitia.

Diungkapkan Direktur Perumdam Among Tirto kota Batu, Edi Sunaedy, bahwa mereka yang lolos tahapan tersebut sejumlah 300 orang yang masuk kategori Pelanggan Teladan. Selanjutnya diambil 5 orang yang beruntung dengan sistem undian.  Disebutnya, untuk kategori pelanggan teladan ini, bagi mereka yang tertib melakukan pembayaran, dan pemakaian air sesuai standrat PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat).

Muat Lebih

“ Dari sejumlah 300 pelanggan kategori Teladan ini sudah melewati tahapan. Salah satunya mereka yang tidak terlambat melakukan pembayaran atau tidak melewati batas tempo. Dan tercatat pemakaian airnya sesuai standart PUPR yakni 1 meter kubik perharinya, atau perbulan sejumlah 30 meter kubik,” terang Edi Sunaedi, Jumat (30/4/21).

Untuk rangkaian , lanjut Edi, kegiatan hari ulang tahun Perumdam Among Tirto Kota Batu ke 18 tahun dilakukan mulai tanggal 5 April hingga 30 April 2021. Sedangkan untuk hari ini, dilakukan pembagian kulkas ke masing- masing pemenang undian. Sehingga mereka tidak perlu mengambil di Kantor Perumdam.

“Hari ini dalam rangka pembagian langsung ke rumah- rumah pelanggan yang berhasil mendapatkan kulkas. Kita datangi kerumah masing- masing sebagai bentuk penghormatan, sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan karena sudah menjadi pelanggan yang tertib, pelanggan teladan, dan menjadi pelanggan yang menjalankan tanggungjawab luar biasa,” ujar pria yang akrab disapa Sokeh.

Inisiasi pemberian door price itu sendiri, kata Sokeh, bertujuan untuk meningkatkan motifasi, meningkatkan sebuah kejujuran, dan sebuah tanggungjawab pelanggan kepada perusahaan daerah air minum ini. Ini sebuah terobosan dari teman- teman Hublang, sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan teladan.

“Sementara, untuk pelanggan yang belum menjalankan tanggung jawabnya dengan benar, nanti akan kita dorong dengan pola dan strategi lainnya. Hal ini juga bisa menjadi motivasi dan dorongan bagi pelanggan lainnya yang belum masuk dikategori pelanggan teladan, agar perjalanan PDAM ini bisa terus berjalan dengan lancar, dan bisa dirasakan masyarakat dari pada pelayanan kami,” seru dia.

Disatu sisi, Direktur Perumdam Among Tirto Kota Batu juga mengungkapkan, masih adanya problem terkait keterlambatan pembayaran yang dilakukan pelanggan. Hal itupun menjadi piutang yang harus difikirkan secara serius. Sehingga pihaknya terus melakukan analisa, inovasi maupun terobosan- terobosan dalam pelayanan. Karena pihaknya harus menghadapi berbagai karakter pelanggan.

“Keterlambatan pembayaran bisa disebabkan, satu karena sudah karakter. Kedua, sulit terjangkaunya akses untuk pembayaran pada PDAM. Ketiga, pelanggan merasakan beban transportasi untuk datang melakukan pembayaran di kantor Perumdam. Mungkin mereka harus membayar jasa ojek pulang perginya. Padahal untuk tagihan pembayarannya hanya mencapai 30 hingga 40 ribu,” papar Edi.

Dirut Perumdam Kota Batu, Edi Sunaedi mengatakan saat ini memiliki 16.313 pelanggan yang terbagi dalam beberapa kriteria. 

Seiring hal itu, pihaknya berupaya memberikan akses mudah untuk melakukan pembayaran, dan murah untuk melakukan pembayaran. Selain itu, juga disediakan fasilitas mobil keliling untuk melayani pembayaran bagi pelanggan di daerah- daerah yang jauh jangkauanya, maupun menjadi zona pelanggan yang sering terlambat pembayaran.

“Sehingga mereka tidak diharuskan datang ke kantor Perumdam untuk melakukan pembayaran. Sementara bagi pelanggan yang sudah memahami ITI sudah bisa melakukan pembayaran melalui web maupun PPOP yang sudah disediakan. Pembayaran juga bisa dilakukan melalui bank- bank terdekat, maupun bisa melalui minimarket modern yang memiliki mesin aplikasi pembayaran,” tutur Edi Sunaedi.

Diusia ke 18 Perumdam Among Tirto Kota Batu, Edi Sunaedi kembali menegaskan bahwa, pihaknya sudah melakukan komitment bersama- sama dari jajaran direksi hingga staff. Hal itupun diikat dengan program ‘SIAP’ Sistem Input Aktifitas Pegawai. Sehingga pegawai dari jajaran direksi hingga kebawah, bisa terdeteksi apa yang dilakukan dalam melaksanakan pekerjaan maupun pelayanan terhadap pelanggan. Hal inipun berpengaruh terhadap tunjangan pegawai.

“Bahwa diusia ke18 ini kita selalu mengevaluasi diri untuk internal kita dari kekurangan- kekurangan kita dalam melayani, dan kita tingkatkan kualitas pelayanan dan melakukan terobosan- terobosan agar kita bisa menjadi kebanggaan pelanggan dalam pelayanan yang terbaik,” tegasnya.

Sementara untuk eksternalnya, tambah Edi Sunaedi, pihaknya ingin ada sebuah hubungan komunikasi yang baik dengan pelanggan. Oleh karenanya sudah disiapkan program ‘Sapa Pelanggan’ Sistem Aplikasi Pelayanan Pengaduan . aplikasi ini juga bisa dijadikan pengaduan untuk air mati, adanya kebocoran pipa, pengaduan tentang lonjakan- lonjakan tarif pembayaran, dan program tersebut mudah diakses melalui Hp android.

“Bahkan mereka sampai bisa melihat tagihan untuk bulan berikutnya. Selain itu, untuk permohonan pasang baru bisa dilakukan secara online, dan tidak harus datang ke kantor, dan cukup bisa mengakses melalui web kami, kirimkan foto KTP , KK , foto diri dan alamatnya, sudah bisa diproses,” tutupnya. (im)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *