Ribuan Anggrek Dari Berbagai Penjuru Daerah Hadir Di Balai Kota Among Tani Kota Batu

  • Whatsapp
Wali Kota Batu bersama jajaran terkait saat membuka acara bursa anggrek, Senin (8/11/21).

Kota Batu, inspirator.co.id – Halaman Balaikota Among Tani, Kota Batu tampil beda dengan dipenuhi berbagai macam jenis bunga anggrek. Terpajang pula Bunga anggrek Dendrobium, Cattleya, Cymbidum, anggrek Vanda, Oncidium, Bulbophyllum, dan anggrek Renanthera yang tertata sangat menawan.

Selain itu, ribuan bunga anggrek yang didatangkan dari berbagai penjuru daerah ini, semakin menyemarakan kegiatan Batu Shining Orchid Week yang digelar mulai 7-14 November 2021. Setidaknya ada 54 stand anggrek dari berbagai daerah di Indonesia mulai dari Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta sampai Kalimantan siap memanjakan mata pengunjung.

Muat Lebih

Secara resmi, acara ini dibuka secara langsung oleh Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko, Senin (8/11/21), dan memberikan apresiasi kegiatan tersebut. Wali Kota Batu juga berharap, kedepannya panitia Batu Shining Orchid Week bisa menggelar kegiatan yang lebih besar lagi.

“Saya melihat petani-petani anggrek disini punya semangat yang besar, kedepan bisa dipikirkan bagaimana untuk merencanakan event yang lebih besar dari tahun ini,” ucapnya.

Diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, Sugeng Pramono, bahwa acara tersebut sempat tertunda penyelenggaraannya di tahun 2020 karena adanya Pandemi Covid-19.

Meski begitu, hal tersebut tidak menyurutkan semangat Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu untuk menggelar bursa anggrek yang lebih besar dari tahun sebelumnya.

“Tahun ini adalah tahun kelima Batu Orchid Week. Kegiatan ini menjadi agenda tahunan untuk memperingati Hari Jadi Kota Batu, penyelenggaraannya tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan,” terang Sugeng Pramono.

Sementara, Ketua Panitia Batu Shining Orchid Week, Fathul Yasin, membeberkan bahwa anggrek menjadi ikon baru Kota Batu dengan lebih dari 150 petani anggrek dan ratusan jenis anggrek hasil silangan.

“Kegiatan ini merupakan hari raya bagi petani-petani anggrek untuk menunjukkan dan meningkatkan kreatifitasnya, agar potensi dapat berkembang semakin baik,” ujarnya.

Ketua PAI, Rita Subowo saat memberikan keterangan, Senin (8/11/21).

Kegiatan Batu Shining Orchid Week bertujuan untuk memperkenalkan berbagai anggrek kepada  masyarakat. Kegiatan ini sekaligus sebagai wadah kreatifitas petani anggrek dan menjadi pendukung untuk  menggerakkan ekonomi masyarakat.

“Selain bursa dan pameran anggrek, panitia Batu Shining Orchid Week juga menggelar seminar nasional, lomba anggrek, dan malam penggalangan dana untuk bencana banjir bandang Kota Batu 2021,” tandasnya.

Ditegaskan oleh Ketua Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI), Rita Subowo bahwa kegiatan tersebut akan ditingkatkan lagi kedepannya. Mengingat, antusias masyarakat maupun para petaninya dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang luar biasa.

“Tadi bu wali dan wakil wali kota menegaskan sudah siap untuk diangkat ke jenjang yang lebih tinggi. Insallah dari dukungan semua pihak, akan kita rencanakan menjadi tuan rumah didalam scope internasional di Kota Batu ini. Mudah- mudahan dan diharapkan bisa menambah jumlah kunjangan wisata, baik bisa dari Asia Tenggara maupun tingkat Asia,” tutupnya. (im)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *