Selesai Sertifikasi, Desa Junrejo Terima Bantuan Dana Infrastruktur Eks Program PNPM

  • Whatsapp
Kepala Desa Junrejo, Andi Faisal Hasan.

Kota Batu, inspirator.co.id – Dua Kelurahan dan tiga desa yang ada di Kota Batu telah mendapat bantuan dari Kementrian PUPR guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu desa yang beruntung mendapatkan bantuan anggaran sebesar Rp 300 juta yaitu Desa Junrejo, Kota Batu.

Diungkapkan Kepala Desa Junrejo, Andi Faisal Hasan bahwa anggaran tersebut sudah turun dari Kementrian dan langsung ditranser ke masing- masing kelompok masyarakat seperti BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat), KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat).

Muat Lebih

Sedangkan penyerapannya difungsikan untuk infrastruktur seperti pembangunan maupun peningkatan, serta perawatan bangunan eks program PNPM, P2KP, Sanimas. Ia menegaskan anggaran yang diperoleh tidak boleh digunakan diluar kegiatan kemasyarakatan.

“Intinya program ini digunakan untuk perawatan Eks PNPM, P2KP yang didalamnya melibatkan masyarakat layaknya padat karya. Program ini diturunkan ditengah pandemi, sehingga penyerapan tenaga kerjanya dari masyarakat dan mereka bisa bekerja,” jelas Faisal, Senin (13/9).

Sedangkan di Desa Junrejo telah terbagi di tiga dusun, dan digunakan untuk pembuatan drainase, serta perbaikan jalan paving. Untuk saat ini, program tersebut telah selesai dikerjakan dan sudah mendapat ferivikasi dari tim provinsi Jatim, diantaranya balai prasarana permukiman wilayah, tim pokja PKP Kota Batu, tim OSP IV Jatim, Tim Korkot Cluster 2 Malang Raya, dan Tim Faskel Kota Batu.

“Tim ini melakukan sertifikasi, apakah benar anggaran itu sudah terserap sesuai volume, maupun terkait serapan tenaga kerjanya. Tim dari provinsi jatim dan gabungan dari Malang Raya tersebut juga melakukan tinjauan dibeberapa titik. Untuk Junrejo sudah selesai Sertifikasi, dan tinggal nunggu acara serah terima pekerjaan yang dilakukan BKM dan KSM tadi,” bebernya.

Faisal pun mengucapkan terima kasih pada pihak Provinsi Jatim maupun Kementrian yang sudah mengucurkan bantuan. Dengan demikian, masyarakat bisa mendapatkan nilai manfaat dari program tersebut. (im)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *