Sidang Pertama Gugatan Pilkades Pesanggrahan, Hakim Beri Kesempatan Untuk Perbaiki Gugatan

  • Whatsapp
Proses sidang pertama sengketa terkait Keputusan Pemilihan Kepala Desa Pesanggrahan.

Kota Batu, inspirator.co.id – Pemilihan Kepala desa serentak di Kota Batu, Minggu (28/8/2022) lalu  masih meninggalkan polemik hingga berujung gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara. Dari kelima desa yang melakukan pemilihan kepala desa, hanya Desa Pesanggrahan yang dikedapati persoalan yakni, terjadi gugatan terhadap panitia Pilkades Pesanggrahan terkait hasil penetapan calon kepala desa.

Sidang pertama sengketa terkait Keputusan Pemilihan Kepala Desa Pesanggrahan diketahui terdapat para penggugat diantaranya, Rudyanto, Anom Suyanto, Muhammad Rofi`I, dan Aris Dwi Yanto dengan kuasa hukumnya Zaenal Mustofa, SH. MH beserta tim.

Muat Lebih

Sementara pihak tergugat yakni, Panitia Pemilihan Kepala Desa Pesanggrahan Jl. Suropati No.123 Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu dengan Kuasa Hukum Tergugat yakni Jaksa Pengacara Negara (JPN), yang hadir dalam persidangan yaitu : Muhammad Bayanullah, S.H., M.H., M.Kn. (Kasi Perdata dan TUN Kejari Batu), Indria Qori Safitri, S.H. (Kasubsi Perdata Kejari Batu), Devy Prahabestari, S.H., M.Hum. (Kasubsi Pertimbangan Hukum Kejari Batu), dan Hidayah, S.H., M.Kn. ( Jaksa Fungsional Seksi Perdata dan TUN Kejari Batu).

Edy Sutomo, Humas Kejari Batu dalam rilisnya menyebutkan, dalam persidangan yang pertama hanya proses pemeriksaan persiapan guna memenuhi ketentuan pasal 63 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1986 tentang Peradilan Tata Usaha Negara, yang berbunyi ,sebelum pemeriksaan pokok sengketa dimulai, Hakim wajib mengadakan pemeriksaan persiapan untuk melengkapi gugatan yang kurang jelas.

“Diakhir persidangan Ketua Majelis Hakim memberikan kesempatan kepada Pihak Penggugat untuk memperbaiki gugatan dengan jangka waktu sebagaimana yang diatur dalam peraturan perundang undangan, dan juga memberikan kesempatan kepada pihak tergugat untuk melengkapi data-data maupun dokumen yang diminta Majelis Hakim,” jelas Edy Sutomo yang Juga Kasi Inteljen Kejari Batu.

Untuk informasi, sidang selanjutnya dilaksanakan setelah pihak penggugat memperbaiki gugatan yang telah diajukan. Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara yang menangani Perkara sengketa Keputusan Pemilihan Kepala Desa Pesanggrahan Nomor : 02/KEP/PPKD/VII/2022 tentang Calon Kepala Desa yakni, Ceckly Jembly Kereh, S.H., M.H., Firman, S.H., M.H., dan Ikawati Utami, S.H., M.H. (im)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *