Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program Transmigrasi

  • Whatsapp
Warga Kabupaten Malang diberi sosialisasi terkait program transmigrasi.
banner 468x60

Malang, inspirator.co.id – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Malang melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat di Desa Wonokerso, Kecamatan Pakisaji, pada Kamis, (5/11/2020), bertempat di kantor desa setempat.

Sosialisi diselenggarakan dalam upaya meningkatkan kemampuan dan produktivitas masyarakat transmigrasi, membangun kemandirian dan mewujudkan integrasi di permukiman transmigrasi sehingga ekonomi dan sosial budaya mampu tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.

Muat Lebih

Sri Wahyuning Kabid Transmigrasi selaku narasumber, dalam sosialisasi memaparkan beberapa hal serta diikuti dengan tanya jawab agar para calon transmigrasi mendapatkan info yang lebih jelas sehingga tertarik dan benar-benar untuk berangkat.

Kabid Transmigrasi juga memberikan beberapa hal tentang ketransmigrasian diantaranya, memberikan pemaparan ketransmigrasian secara umum kepada para warga. Selanjutnya diberikan latar belakang, dasar hukum, syarat-syarat, dan tahapan rekrutmen calon transmigrasi dari pendaftaran hingga seleksi.

Selain itu, juga diberikan pelatihan pemberangkatan sampai penempatan transmigrasi di lokasi transmigrasi, serta hak dan kewajiban bagi transmigran untuk lebih bisa dipahami.

“Pada umumnya tujuan di selenggarakannya sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan transmigran dan masyarakat sekitarnya, peningkatan dan pemerataan pembangunan daerah” terangnya.

Menurut Wahyuning, dalam program transmigrasi Kabupaten Malang selalu mengirim transmigran, namun untuk quota, tempat dan tujuan ditentukan dari pemerintah pusat.

“Kita mengajukan, karena quota terbatas dan dibagi seluruh daerah pengirim, seperti Jawa Barat, DIY, Jawa Timur, NTT, Bali. Dan alhamdulillah di Kabupaten Malang sudah mulai banyak peminat” tambahnya.

Di tempat yang sama, kepala Desa Wonokerso, Nuriyadi berharap dengan sosialisasi yang digelar dari Disnaker Kabupaten Malang masyarakat bisa mengerti, serta tahu tentang program transmigrasi serta manfaatnya, dan bisa merubah dari sisi kesejahteraan ekonomi. (DD)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *