Wujudkan Pelayanan Prima dan Pariwisata Aman, Polres Batu Dengan PHRI Sinergi

  • Whatsapp
Kapolres Batu, AKBP Catur C Wibowo bersama Ketua PHRI Batu, Sujud Hariadi saat melakukan tanda tangan kesepakatan bersama dengan disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Batu, Arief As Siddiq.

Kota Batu, inspirator.co.id – Polres Batu dan PHRI teken MoU 1000 pasang mata di hotel, restoran, dan tempat wisata. Hal itu dilakukan sebagai keseriusan dalam mewujudkan jargon Ayo Wisata ke Batu serta meningkatkan pelayanan, keamanan, dan kenyamanan pada wisatawan. Penandatanganan tersebut dilakukan Polres Batu bersama PHRI dan Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu, di Hotel Batu Permai,  Kamis (25/3/2021).

Kapolres Batu, AKBP Catur C Wibowo mengatakan dalam waktu dekat program ini segera dilaksanakan untuk meningkatkan pelayanan publik dan mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Muat Lebih

“Nanti Polres Batu akan memaksimalkan aplikasi Apel Batu dan program 1000 mata di tempat wisata, hotel, dan juga restoran yang CCTV-nya menyorot ke arah jalan serta pelayanan publik bisa terintegrasi dengan Polres Batu. Makanya keterlibatan semua pihak sangat penting untuk menjamin keamanan dan ketertiban serta bisa meminimalisir perbuatan kriminalitas,” jelas Catur.

Nanti kamera-kamera itu langsung terhubung dengan aplikasi Apel Batu. Tak hanya keamanan dan ketertiban tapi wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu bisa dimudahkan dalam mengakses segala informasi tentang tempat wisata, hotel dan resto.

“Kami harap bisa lebih mudah untuk pengawasan dan mengungkap tindak kejahatan yang ada. Sehingga tak hanya memberi rasa aman dan nyaman bagi wisatawan atau warga Kota Batu, namun juga lebih memudahkan petugas kepolisian dalam menjalankan tugasnya,” bebernya.

Selain itu fungsi lainnya akan meringankan Satgas Covid-19 untuk memonitor. Pasalnya melalui program 1000 pasang mata juga akan mengontrol jumlah pengunjung yang datang dan apakah tempat wisata, hotel, dan resto telah menerapkan protokol kesehatan atau belum.

“Jadi banyak sekali manfaat dan kegunaan 1000 pasang mata bila nanti sudah dijalankan,” tegas kapolres.

Pelaku Wisata Inginkan Kebijakan Penghapusan Pajak Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi mengapreasiasi aplikasi Apel Batu dan program Polres Batu tentang 1000 pasang mata yang dituangkan dalam MoU. Bukan hanya keamanan kerjasama ini bisa mempermudah wisatawan untuk mengakses segala informasi tentang wisata dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan.

“PHRI sangat mensupport karena melalui aplikasi itu anggota PHRI akan sangat terbantu secara marketing dan promosi. Sedangkan untuk program 1000 pasang mata akan semakin memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu,” ujar pria yang juga menjadi Direktur PT Selecta ini.

Dalam waktu dekat PHRI bakal mensosialisasikan ke seluruh anggota PHRI Kota Batu agar CCTV yang ada di pelayanan publik dan ruas jalan-jalan utama yang ada di tempat wisata, hotel, dan restoran dikoneksikan dengan Polres Batu.

Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Sidiq mengatakan kolaborasi ini sangat penting untuk mewujudkan pariwisata Kota Batu yang aman, tertib, sehat, dan nyaman bagi wisatawan atau masyarakat Kota Batu sendiri.

“Kerjasama ini memiliki manfaat luar biasa pada pariwisata. Secara umum bentuk sinergi dan kolaborasi pihak keamanan dan pelaku wisata sehingga pelaksanaan wisata berjalan lancar. Harapan besar kami bisa menumbuhkan dan meningkatkan kepercayaan wisatawan untuk berkunjung ke Kota Batu,” tutupnya. (bs)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *